fbpx

Idealnya manusia menghabiskan sepertiga hari di atas tempat tidur. Menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tidur adalah sebuah kewajiban.

Menjaga tempat tidur agar tetap bersih dan nyaman adalah pekerjaan yang sedikit merepotkan. Pekerjaan ini terkadang sering kita abaikan. Padahal, merawat tempat tidur terutama mencuci seprai perlu menjadi prioritas utama karena kita menghabiskan sepertiga dari hidup kita diatas tempat tidur. Seprai mengumpulkan banyak noda atau kotoran yang berpindah dari pakaian atau badan kita.

Oleh karena itu, menjaga seprai tetap segar dan bersih adalah hal yang wajib secara disiplin kita lakukan. Selain seprai, kita juga wajib membersihkan alas tempat tidur lainnya seperti sarung bantal, selimut dan alas atas kasur.

Seprai selalu segar

Jadwal untuk mencuci seprai yang baik adalah setiap satu atau dua minggu, atau tergantung pada kebiasaan tidur. Faktor-faktor yang meningkatkan frekuensi mencuci seprai biasanya tergantung dari banyak berkeringat, tidur dengan pasangan, atau kebiasaaan lain anak pada umunya. Wajib untuk memiliki beberapa set seprai dan sarung bantal agar dapat dirotasi pemakaiannya dengan mudah. Merotasi pemakaian dari sprai juga akan membuat seprai tahan lama.

Untuk mencuci seprai baiknya mengunakan detergen cair dan pelembut kain yang dapat memberikan keharuman ringan untuk seprai. Mencuci seprai dengan mesin cuci harus dengan siklus kontrol yang tepat dan sesuai dengan ketebalan kain seprai. Hindarai mengunakan siklus maksimal untuk menghindari kerutan.

Untuk tempat tidur yang memakai alas kasur, bed cover atau topper, tips ini juga bisa terapkan. Seperti laundry bed cover bersamaan dengan mencuci seprai. Karena sifat dari alas kasur sama dengan seprai yang akan lansung bersentuhan dengan kulit anda.

Sarung Bantal dan Bantal

Biasakan mencuci sarung bantal bersamaan dengan seprai. Hindari tidur dengan riasan jika memungkinkan, karena noda dari produk perawatan wajah bisa sangat sulit dihilangkan. Gunakan petunjuk, pencucian yang ada di sarung bantal anda, jika tersedia. Jika tidak, gunakan siklus halus dengan air hangat alih-alih air panas. Gunakanlah siklus bilas tambahan untuk memastikan semua deterjen dihilangkan dari sarung bantal.

Seperti halnya Kasur, cucilah bantal sekali atau dua kali setahun, karena pada akhirnya bantal menyerap cairan meskipun dilindungi oleh sarung bantal.

Kelengkapan Tempat Tidur Lainnya

Untuk selimut, anda dapat mencuci setidaknya setiap tiga bulan sekali. Jika ada, ikutilah instruksi bagaimana cara perawatan selimut yang anda miliki. Jika tidak ada instruksi pencucian khusus, metode pembersihan terbaik bergantung pada apakah barang-barang ini mengandung bulu. Selimut yang tidak mengandung bulu biasanya dapat dicuci dengan mesin, mirip dengan prosedur mencuci seprai.

Jika anda memiliki perlengkapan tidur lainnya, anda dapat mengatur jadwal yang tepat untuk membersihkan atau mencucinya. Merotasi secara teratur pemakaian seprai, sarung bantal dan selimut dapat menambah kualitas tidur anda.

 

Menjaga Tempat Tidur Tetap Nyaman dan Segar Lebih Lama, Laundry bed cover Bandung, Membersihkan tempat Tidur Jasa cuci Bantal Bandung